Cara merubah ukuran template dan lain-lain di HTML editor

1 comment
Mengatur ukuran tamplate pada blog, sebenarnya sudah disediakan langsung oleh blogspot. Namun, pengaturan lanjutan layout/tampilan yang disediakan ini sifatnya terbatas, dan hanya bisa digunakan apabilan saudara menggunakan template yang disediakan blog. Lantas bagaimana, seandainya saya menggunakan tamplet dari pihak ke-dua, dan pengaturan lanjutan di layout/tampilan tidak merespone/tidak bisa membantu saya dalam mengubah ukuran template. Melakukan pengeditan pada template (HTML editor), mungkin adalah satu-satu cara yang bisa kita lakukan.


Bagaimana cara merubah ukuran template di HTML editor.

Sebelum saudara terjun ke TKP untuk mengatur ukuran template, secuil ilmu yang saya sampaikan mungkin akan bermanfaat untuk membantu pemahaman saudara. Didalam HTML editor ada kode yang berfungsi merubah template bagian keseluruhan atau dari beberapa kolom seperti ukuran lebar postingan, sidebar, header dan footer.

Berikut ini penjelasannya:

1. #outer-wrapper >>> kode untuk ukuran lebar suatu template blog… karena ini adalah ukuran dasar, maka semua ukuran baik #header-wrapper, #main-wrapper ataupun #sidebar-wrapper, tidak melebihi dari ukuran #outer-wrapper.

2. #header-wrapper >>> kode untuk ukuran lebar header . Header bagian atas meliputi kolom Judul atau nama blog. Biasanya ada dua kolom kanan dan kiri, Misal: .header{ dan .header2{ 

3. #main-wrapper >>> kode template bagian kolom postingan blog.

4. #sidebar-wrapper >>> kode bagian Sidebar dalam template blog…. Biasanya dalam kolom di isi dengan widget-widget yang diterapkan. Sidebar bisa berada dibagian posisi kanan dan kiri atau salah satunya. 

Penjelasan diatas adalah patokan/aturan dasar dalam mengubah ukuran tamplet, dan dibawah ini adalah tutorial/langkah-langkah dalam mengubah ukuran template.

1. Pada pilihan menu >>> Template .

2. Klik >> Edit HTML 

3. Gunakan fungsi ctrl + F, untuk membantu pencarian:

 #outer-wrapper {
#outer-wrapper {
width: 1000px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:justify;
font: $bodyfont;
}

#header-wrapper
#header-wrapper {
width:1000px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}
Catatan: Bila Header dalam template blog memiliki dua kolom kanan dan kiri, pastikan kedua ukurannya disesuaikan dengan ukuran #header-wrapper diatas. 


#main-wrapper
#main-wrapper {
width: 655px;
margin-left: 20px;
margin-right: 20px;
float: left;
}

#sidebar-wrapper
#sidebar-wrapper {
width: 310px;
float: right;
}

Ket:erangan:

#####-wrapper >>>>>adalah kode untuk ukuran template.
float:left; / float:right >>>>>> adalah posisi kolom berada.
width:####px; >>>>>> adalah ukuran lebar kolom.

Jadi, sebenarnya adalah wrapper artinya pembungkus. Maksudnya, jika saudara menggunakan template hasil download , maka ada kemungkinan kata "wrapper" bisa saja diganti dengan istilah yang lain. Untuk melakukan pengeditan, saudara cukup dengan hanya merubah ukuran dalam width:####px, namun seperti yang saya jelaskan diatas, ukuran #outer-wrapper yang menjadi patokan.

1 komentar:

Cara Merubah Ukuran Template Dan Lain-Lain Di Html Editor - Uberbagi >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Merubah Ukuran Template Dan Lain-Lain Di Html Editor - Uberbagi >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Merubah Ukuran Template Dan Lain-Lain Di Html Editor - Uberbagi >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.